oleh

Kabar Gembira untuk Gamers, Steam, Dota dan CS Akan Dibuka Lagi

ONEKLIK techno | Kementerian Kominfo membeberkan bahwa dari tujuh aplikasi yang mereka blokir, setidaknya terdapat tiga aplikasi yang sudah melakukan korespondensi. Ketiganya yakni aplikasi Steam, game DOTA dan CS.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan untuk Steam, game DOTA dan CS telah melakukan korespondensi dengan pemerintah Indonesia.

Dengan begitu, ia berharap dalam waktu dekat ini aplikasi tersebut dapat kembali bisa terbuka layanannya di Indonesia setelah melakukan pendaftaran.

“Mereka sedang proses mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka bisa melengkapi. Sehingga masyarakat pengguna game bisa memainkan kembali,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (31/7/2022).

Ia pun menegaskan lagi bagi perusahaan IT yang ingin menjadi bagian dari ekosistem digital Indonesia, pemerintah akan tetap membuka ruang komunikasi. Mengingat setiap negara mempunyai aturan yang harus ditegakkan.

PayPal

Setidaknya terdapat tujuh aplikasi yang pemerintah blokir di antaranya yakni Yahoo Search Engine, PayPal, Epic Games, Steam, game DOTA, game CS, dan Origin (EA). Namun dari ketujuh aplikasi ini, terdapat satu aplikasi yang aksesnya kembali mereka buka sementara yakni PayPal.

Kebijakan tersebut mereka ambil lantaran mempertimbangkan berbagai masukan dari berbagai pihak. Mengingat, cukup banyak masyarakat yang rupanya menggunakan aplikasi tersebut.

“Ada 7 aplikasi yang kita blokir, dan per pagi tadi kami sedang membuka PayPal untuk memberikan waktu ke masyarakat melakukan migrasi. Sehingga sekarang ada 6 yang masih kita blokir,” katanya.

Namun demikian, hingga kini PayPal belum menjalin komunikasi dengan pemerintah. Sementara, untuk Yahoo, Epic Games dan Origin, pemerintah masih membuka peluang bagi mereka agar bisa menjadi bagian dari ekonomi digital RI.

“Itu kira-kira yang bisa saya sampaikan garis bawahnya adalah manfaatkan masa pembuka sementara agar yang benar-benar namanya ini bisa mindahin dananya mau mencari solusi yang lain,” katanya.


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Editor: Faizal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed