Kapal Nelayan Tenggelam di Laut Kepulauan Seribu, 10 ABK Selamat Usai Sempat Terombang-ambing

kapal kargo yang menolong abk kapal nelayan yang tenggelam
Kapal cargo Bandar Bestari 05 sandar di Pelabuhan Tanjungpandan untuk mengantar 10 nelayan yang kapalnya tenggelam.

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM Sebanyak 10 orang nelayan berhasil selamat setelah Kapal Motor (KM) Mekar Jaya yang mereka tumpangi untuk melaut mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan laut Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Para nelayan tersebut yakni Sarda, Yusup, Saifuddin, Nahrawi, Kardi, Daud, Raul, Supandi, Durmin dan Rohmat yang merupakan warga Tangerang, Banten. Para nelayan asal Tangerang, Banten ini berhasil selamat setelah sempat terombang-ambing di laut.

Kapal cargo Bandar Bestari 05 tujuan Jakarta-Tanjungpandan yang kebetulan melintas di lokasi kejadian menyelamatkan para nelayan ini. Saat ini 10 nelayan itu sudah tiba di Belitung, Kamis (5/1/2023) siang.

Kapten KM Mekar Jaya Sarda mengatakan, insiden kecelakaan laut yang mereka alami bermula saat ia bersama para ABK berangkat melaut dari Pelabuhan Rawa Saban, Tangerang, Selasa (3/1/2023) pagi lalu.

“Jadi saat kami berangkat melaut selasa lalu, kondisi cuaca cukup bagus,” kata Sarda kepada wartawan di Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan, Kamis (5/1/2023).

Kapal tersebut tiba di perairan laut Jakarta pada Rabu (4/1/2023) dini hari. Tiba-tiba cuaca berubah menjadi buruk, air laut bergelombang bersamaan dengan angin kencang menghantam lambung kapal nelayan ini di bagian kiri.

Sehingga mengakibatkan air masuk ke bagian ruangan mesin kapal. Tak lama berselang gelombang kembali menerjang kapal nelayan ini hingga akhirnya tenggelam.

“Melihat kapal oleng dan hendak tenggelam, saya bersama para ABK langsung menyelamatkan diri menggunakan rakit bambu dan benda mengapung. Sebagian ada juga berpegangan ke tiang kapal,” ujar Sarda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.