Lestarikan Budaya dan Dukung Pariwisata, Kak Ical Bangun Rumah Adat Khas Melayu Belitung

Rumah Adat Belitung

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Belitung tentunya sangat kaya akan budaya dan keberagamannya, salah satunya adalah rumah adat khas Belitung.

Sebagai informasi, rumah adat Belitung berupa rumah panggung mengadopsi arsitektur Melayu Awal, dengan ditopang bebeberapa tiang dan satu tiang berukuran besar.

Rumah panggung terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, rotan, dedaunan, akar pohon dan alang-alang. Di bagian dinding terdapat banyak bukaan atau jendela, untuk membuat udara di dalam ruangan tetap sejuk.

Namun, pada zaman modern ini rumah adat melayu ini sangatlah jarang ditemukan khususnya di Tanjungpandan.

Nah, berawal dari kecintaannya terhadap Belitung dan budaya melayu itulah yang membuat pemuda yang satu ini berkeinginan untuk melestarikannya. Marsal atau Kak Ical sapaan akrab pemilik rumah adat melayu yang satu ini.

Di atas tanah dengan luas sekitar 1 hektare miliknya, ia berhasil mendirikan rumah adat Melayu yang sangat elegan. Di mana rumah adat ini menggunakan Kayu Bulin.

Rumah Adat Khas Belitung tersebut terletak di Jalan Air Ranggong Kampong Seni, Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, Bangka Belitung.

Kepada ONEKLIK news, Kak Ical mengatakan di atas tanah pribadinya tersebut, ia berkeinginan untuk membangun sebuah destinasi wisata kesenian dan budaya serta tempat rekreasi. Selain itu, ia juga akan menyediakan sebuah tempat pemancingan untuk pengunjung berekreasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.