Kabid Perkebunan Terkejut Ada Belasan Hektar Tanaman Sawit di Atas IUP Kaolin

kabid perkebunan terkejut kebun sawit berada di kawasan iup kaolin
Belasan hektar kebun sawit berada di kawasan IUP kaolin PT Kian Sukses Mandiri. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Kabid Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung Hamzah mengaku terkejut tentang keberadaan belasan hektar tanaman sawit yang berada di IUP kaolin milik PT Kian Sukses Mandiri.

Belasan hektar tanaman sawit itu sendiri tepat berada di IUP kaolin milik PT Kian Sukses Mandiri yang berada di Jalan Abdurahman Dalam KM 16, Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung.

Kabid Perkebunan DKPP Belitung Hamzah mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak pernah menerima konfirmasi dari orang atau petani yang menanam buah sawit di atas IUP kaolin PT Kian Sukses Mandiri itu.

Konfirmasi tersebut mengenai pembinaan serta permintaan perbantuan pupuk terhadap penanaman buah sawit itu. Tentunya apabila ada permintaan, tim langsung turun lakukan pemetaan terlebih dahulu.

“Sejauh ini belum ada, saya justru baru tahu dari pemberitaan media online di Belitung. Tapi yang pasti kalau mau minta bantuan ke dinas, sesuai aturan lahan tempat penanaman sawit harus clean dan clear kan. Bukan di atas IUP ataupun HGU. Kebun sawit harus milik pribadi, bukan milik orang lain ataupun perusahaan,” kata Hamzah kepada OneKlikNews.com, Kamis (1/12/2022).

Jangka Panjang

Ia menambahkan, pihaknya tidak bisa menyatakan ataupun menyimpulkan terkait keberadaan tanaman sawit di IUP kaolin PT Kian Sukses Mandiri itu benar atau salah.

Pihak DKPP, dalam hal ini Bidang Perkebunan hanya menyarankan kepada pemilik sawit dan pemegang IUP untuk membicarakan permasalahan keberadaan tanaman sawit itu.

“Karena kan sawit ini berada di atas permukaan IUP yang belum digarap, yang pertambangan masih di bawah kan. Tapi kalau pihak perusahaan mengizinkan, saya liat hal ini nanti kemungkinan ada permasalahan. Karena sawit ini kan jangka waktunya panjang,” sebut Hamzah. (dit)

Baca juga:


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.