Belasan Hektar Kebun Sawit Berada di IUP Kaolin PT Kian Sukses Mandiri

kabid perkebunan terkejut kebun sawit berada di kawasan iup kaolin
Belasan hektar kebun sawit berada di kawasan IUP kaolin PT Kian Sukses Mandiri. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Belasan hektar kebun kelapa sawit berada di kawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Kaolin milik PT Kian Sukses Mandiri di Jalan Abdul Rahman Dalam KM 16, Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung.

Hal ini cukup aneh, karena seharusnya kawasan tersebut merupakan kawasan pertambangan kaolin. Namun malah menjadi perkebunan sawit. Setidaknya belasan hektar kawasan tersebut tertanami sawit.

PT Kian Sukses Mandiri sendiri memilik IUP sekitar kurang 78 hektar untuk pertambangan kaolin. Pelaksana PT Kian Sukses Mandiri Toni mengatakan, tanaman buah sawit itu milik pribadi, bukan milik PT Kian Sukses Mandiri.

Meskipun demikian, Toni mengakui bahwa lokasi lahan tempat penanaman buah sawit ini berada di atas IUP PT Kian Sukses Mandiri.

“Itu sawit milik pribadi, bukan perusahaan yang nanam. Yang nanam itu ada namanya Pak Baban selaku pemilik lahan sebelumnya. Dia juga penjaga lingkungan sekitar perusahaan,” kata Toni kepada OneKlikNews.com, Jumat (25/11/2022).

Ia menjelaskan, semenjak adanya take over perusahaan tersebut, tanaman buah sawit ini sudah ada di atas IUP milik PT Kian Sukses Mandiri. Namun pihak perusahaan telah mengganti rugi terhadap tanam tumbuh buat sawit ini.

Selain itu juga, PT Kian Sukses Mandiri belum menggarap lokasi IUP tempat lahan yang ada tanaman buah sawit tersebut.

“Jadi dari pada dibuang, kami manfaatkan saja lokasi ini untuk menanam buah sawit. Saat itu luas lahan tanaman buah sawitnya saya kurang tau. Tapi yang jelas tanaman buah sawit itu bertambah sejak Pak Baban menanam buah sawitnya,” papar Toni.

Ia juga menambahkan, terkait IUP milik PT Kian Sukses Mandiri berlaku sampai 2026 setelah perpanjangan 2021 lalu dengan total luas lahan 78 hektar.

“Terkait masalah buah sawit ini, saya tidak bisa memutuskan. Nanti saya akan berkoordinasi dengan bos,” sebut Toni. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar