Terima Bantuan ATENSI, Rumah Fitri Kini Ada Dapur dan Kamar Mandi

Terima Bantuan ATENSI, Rumah Fitri Kini Ada Dapur dan Kamar Mandi

BELITUNG TIMUR, ONEKLIKNEWS.COM – Kementerian Sosial RI melalui Sentra Abiyoso Cimahi membuatkan dapur dan kamar mandi bagi Fitri (39). Sekarang, Rumah Fitri yang dulu kurang layak menjadi lebih layak untuknya.

Fitri menerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa renovasi rumah tidak layak huni menjadi rumah sehat. Bukan hanya renovasi, warga Desa Mekar Jaya ini juga diberikan perabotan dengan total bantuan lebih dari Rp25.000.000,00.

Kepada Diskominfo Beltim, Fitri mengaku sangat bersyukur atas perhatian Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Pembedayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim yang sudah peduli dengan kelayakan tempat tinggalnya. Mengingat kemampuan keuangannya tak akan mampu membangun dapur dan kamar mandi.  

“Alhamdulillah bersyukur pak, banyak-banyak berterima kasihlah. Soalnya kalau saya gak akan mampu membuat sendiri,” kata Fitri saat penyerahan simbolis bantuan di halaman rumahnya Kampung Gunung Desa Mekar Jaya Manggar, Rabu (21/11/22).

Sehari-hari janda dua anak ini bekerja sebagai buruh cuci. Penghasilan per bulannya hanya Rp800.000, padahal Dia harus menghidupi dua anak, salah satunya penyandang disabilitas.

“Makanya jangankan mau bikin wc, untuk makan saja kadang dak cukup. Cuman ada juga tambahan bantuan BLT sama dari desa tiap bulannya untuk nambah-nambah kebutuhan,” tuturnya.

Kepala Sentra Abiyoso Cimahi Agung Hendrawan mengungkapkan kalau dulunya sebelum ada kamar mandi, Fitri dan keluarganya biasa buang air kecil atau hajat di luar rumah. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat anaknya yang disabilitas masih gadis.

“Kemarin saat asesmen kami turun, ketika ada assessment rumah ini belum memiliki dapur dan kamar mandi. Kami buatkan sesuai dengan Program Kimpraswil namun dengan anggaran Kementerian Sosial,” ungkap Agung.  

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.