Aplikasi Yuk Gi Nyelik Pasien Resmi Diluncurkan, Ini Fungsinya

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur resmi meluncurkan aplikasi “Yuk Gi Nyelik Pasien” (YGNP) tepat di Hari Kesehatan Nasional ke-58 Kabupaten Beltim di Auditorium Zahari MZ, Kamis (17/11/2022).

BELITUNG TIMUR, ONEKLIKNEWS.COM – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur resmi meluncurkan aplikasi “Yuk Gi Nyelik Pasien” (YGNP) tepat di Hari Kesehatan Nasional ke-58 Kabupaten Beltim di Auditorium Zahari MZ, Kamis (17/11/2022).

Kepala DKPPKB Kabupaten Beltim Muhamad Yulhaidir mengatakan pembuatan aplikasi tersebut demi mempermudah akses informasi dan pendaftaran bagi pasien yang berisiko rentan dan pasien rujukan balik dari Rumah Sakit.

“Program YGNP ini merupakan inovasi dari Bapak Bupati. Namun seiring berjalan waktu kita melihat apa yang harus jadi penguatan. Masyarakat kan lebih mudah dengan digitalisasi saat ini makanya dibuatkanlah aplikasi ini untuk mempermudah akses informasi terkait dengan program YGNP,” jelas Yulhaidir.

Yulhaidir menjelaskan, data pasien YGNP terkoneksi dengan Kepala Desa dan Kader Pendampingan. Sehingga status pemeriksaan pasien lebih mudah terpantau khususnya bagi pasien yang tidak produktif dengan melakukan kunjungan secara berkala.

“Melalui aplikasi ini kita bisa memantau apakah sudah ada pemeriksaan termasuk juga dengan data yang baru bagi yang sudah tahu kan tinggal menginfokan aja nanti bisa terpantau. Namun bagi yang produktif (pasien) tetap kita arahkan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di Puskesmas,” katanya.

Terus Berinovasi

Ia menjelaskan, program YGNP sendiri sudah berjalan sejak dua tahun belakangan dengan realisasi pelaksanaan yang melebihi target pelayanan.

“Kalau dari target tahun 2021 itu ada 700-an pasien terealisasi 900-an. Dan di Tahun 2022 ini ada kurang lebih 900-an target ternyata per november 2022 sudah 1.400-an. Ini memang menjadi catatan kita. Kami buatkan lah aplikasi supaya terinfo-kan dengan mudah kepada masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, Pemkab Beltim akan terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Dirinya berharap aplikasi YGNP bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Beltim di semua kalangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.