PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024, Anak Gus Dur Jadi Pendamping

Capres 2024 Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (foto: istimewa)

ONEKLIK news | Nama Ganjar Pranowo muncul sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang. Munculnya nama Ganjar itu, setelah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk jadi capres dan Zannuba Ariffah Wahid atau Yenny Wahid sebagai calon wakil presiden (cawapres) pilihan mereka.

Hal tersebut berdasarkan hasil konferensi pers Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie yang terlaksana secara daring, Senin (3/10/2022) sore.

Grace mengatakan, pihaknya mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan atau mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres dari PSI di tahun 2024.

“Meskipun memang mas Ganjar bukan kader PSI. Tetapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik. Untuk itu dari hasil Rembuk Rakyat, kami umumkan bahwa PSI akan mencalonkan pak Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Karena, sejak awal pak Ganjar, unggul dari kandidat lainnya,” kata Grace.

Menurutnya, berdasarkan penilaian dari PSI, sosok dari Ganjar Pranowo lebih merakyat serta mengerti apresiasi kaum muda.

Selain itu, cara Gubernur Jawa Tengah menggunakan media sosial menjadi salah satu pertimbangan mereka. Bahwa sosok Ganjar lebih mengikuti zaman serta mengerti dan memahami generasi muda.

Dengan deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres ini mereka umumkan, tentunya menghangatkan kontestasi jelang pilpres 2024 mendatang. Sebab sebelumnya, Parta NasDem juga telah mendeklarasikan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres mereka.

Sosok Yenny Wahid

Kemudian lanjut Grace, untuk cawapres pendamping Ganjar mereka juga menetapkan putri kedua Presiden ke-5 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Wahid atau Yenny Wahid sebagai calon wakil presiden pilihan mereka.

Lebih jauh Grace mengatakan pemilihan Yenny sebagai pendamping Ganjar karena sosoknya yangmemiliki pribadi yang konsisten mewujudkan perjuangan Gus Dur dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan toleran.

Pihaknya meyakini kombinasi antara Ganjar-Yenny merupakan pasangan terbaik untuk melanjutkan estafet kepemimpinan nasional.

“Kami menilai Yenny mempunyai kualitas pribadi yang mumpuni. Sebagai sosok tokoh perempuan Islam, mba Yenny dihormati karena pemikiran dan kontribusinya dalam gerakan sosial,” katanya.

Walaupun demikian, dalam kontestasi pemilu 2024 mendatang, PSI terhalang presidential threshold, di mana dalam aturan tersebut capres harus di usung 25% suara sah nasional, atau 20% kursi di DPR.

PSI sendiri kini tidak memiliki kursi di parlemen, yang artinya PSI hanya bisa merapat ke salah satu koalisi partai yang ada sebagai pendukung.


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.