Peringati Hari Guru Sedunia 5 Oktober, Yuk Simak Sejarah Terbentuknya

Sejak 1994 lalu, tanggal 5 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Guru Sedunia. Lantas bagaimana sih awal mula terbentuknya sejarah Hari Guru Sedunia ini,
Guru saat mengajar muridnya. (foto: ist)

ONEKLIK news | Sejak 1994 lalu, tanggal 5 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Guru Sedunia. Lantas bagaimana sih awal mula terbentuknya sejarah Hari Guru Sedunia ini, kuys simak penjelasannya.

Nah tahu ini, UNESCO menetapkan tema “The transformation of education begins with teachers” atau “Transformasi pendidikan dimulai dari guru.”

Mengutip dari berbagai sumber, pada 1966 International Labour Organization (ILO) dan United Nation Economical & Social Coucil (UNESCO) telah mengadakan konferensi antara pemerintah khusus di Paris untuk mengadopsi rekomendasi UNESCO dan ILO mengenai status guru. Hasil dari pertemuan itulah menetapkan Hari Guru Sedunia jatuh pada 5 Oktober.

Kemudian Rekomendasi dari ILO dan UNESCO tersebut menetapkan tolok ukut mengenai hak-hak guru, pekerjaan dan kondisi belajar-mengajar serta standar pelatihan guru.

Penetapan hari guru ini sangat penting mengingat peran guru sangat berpengaruh bagi kemajuan moral dan nilai-nilai budaya serta kemajuan ekonomi dan sosial.

Terlepas dari keragaman hukum, peraturan dan kebiasaan yang berlaku untuk sekitar 16 juta guru pada tahun 1966. ILO dan UNESCO memutuskan untuk mengusulkan kepada negara-negara tentang instrumen yang menangani semua masalah yang berkaitan dengan guru.

Akhirnya pada tahun 1967 rekomendasi tersebut terpenuhi untuk membantu kesejahteraan guru sekaligus menyelesaikan permasalahan di dunia pendidikan.

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia yang perayaannya setiap 5 Oktober. Pemerintah Indonesia sendiri melalui Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994 menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November.


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar