Besok 5 Oktober, Penduduk Bumi Peringati Hari Guru Sedunia, Ini Bedanya dengan Hari Guru Nasional

hari guru ilustrasi
Ilustrasi guru. (Net)

ONEKLIKNEWS.COM – Jika masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru setiap 25 November, maka penduduk Bumi memperingatinya setiap 5 Oktober.

Hari Guru Sedunia atau World Teachers Day merupakan apresiasi untuk para pengajar di seluruh dunia yang berperan membagikan ilmu bermanfaat.

Situs resmi UNESCO melansir, World Teachers Day 2022 mengangkat tema ‘The transformation of education begins with teachers’ (Transformasi pendidikan mulai dari guru).

Tema tersebut untuk memberikan dukungan kepada para pengajar di seluruh dunia agar semakin bersemangat menebarkan ilmu.

Selain itu, tentu saja untuk merayakan peran para pendidik sebagai sosok yang berperan sangat penting dalam perkembangan pendidikan.

Direktur Jenderal UNESCO untuk peringatan Hari Guru Sedunia 2022 Audrey Azoulay mengatakan, peran penting para pengajar dalam pendidikan antara lain mengubah potensi peserta didik.

Yakni dengan memastikan para peserta didik memiliki potensi untuk bertanggung jawab atas diri sendiri, orang lain maupun lebih luasnya untuk Bumi ini.

“Hari ini, pada Hari Guru Sedunia, kami merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk bumi ini,” kata Audrey Azoulay, Senin (3/10/2022).

Sejarah

Peringatan World Teachers Day mulai sejak 1994. Yakni untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawabnya, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Sedangkan di Indonesia jatuh 25 November setiap tahunnya. Peringatan ini penghormatan kepada para pengajar serta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). (azm)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar