Launching Tanjung Batu Port, Sanem Harap Bisa Angkat Nama Belitung Seperti Laskar Pelangi

launching pengelolaan dan operasional Pelabuhan Tanjung Batu oleh BUP PT Pelabuhan Tanjung Batu Belitong Indonesia
Launching pengelolaan dan operasional Pelabuhan Tanjung Batu oleh BUP PT Pelabuhan Tanjung Batu Belitong Indonesia, Senin (3/10/2022). (OneKlikNews.com/Aldhie)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) meluncurkan pengelolaan dan operasional Pelabuhan Tanjung Batu oleh BUP PT Pelabuhan Tanjung Batu Belitong Indonesia, Senin (3/10/2022).

Dalam peluncuran di Kantor BUP Tanjung Batu Port tersebut, Sanem berharap Tanjung Batu Port bisa mengangkat nama Belitung kedepannya. Seperti halnya Film Laskar Pelangi, Geopark, pertemuan G20 dan lainnya.

“Dengan adanya peluncuran ini, kita harap Tanjung Batu Port ini bisa membesarkan nama Belitung. Kalau dulu ada Laskar Pelangi, terus Geopark, terakhir G20, nah harapannya kedepan ini juga bisa seperti itu,” sebut Sanem.

Perairan Belitung yang terdapat Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sangat mendukung Tanjung Batu Port. ALKI merupakan alur laut berdasarkan konvensi hukum laut internasional sebagai alur terbuka bagi perlintasan perdagangan internasional.

Terlebih saat ini pemerintah pusat sedang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sedang membangun tol laut. Di mana Belitung menjadi salah satu sasaran pembangunan tol laut untuk menekan disparitas harga barang di daerah kepulauan.

Sanem berpesan agar BUP sebagai penyelenggara Tanjung Batu Port bisa bekerjasama dengan KSOP Kelas IV Tanjungpandan sebagai pemegang otoritas pelayaran.

“BUP kan kewenangannya di darat, KSOP di laut, saya minta nanti jalin kerjasama yang baik-baik. Yang nggak baik jangan. Operasional pelabuhan ini harus bersinergi agar berjalan lancer,” pesan Sanem.

Menurut Sanem, pengembangan kawasan pelabuhan ini tidak selesai hanya dengan pendirian BUP. Namun banyak sekali kajian ilmiah dan dana yang lumayan besar .

“Saya tahu betul sejarah panjang Pelabuhan Tanjung Batu ini, untuk itu saya berharap semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan Pelabuhan Tanjung Batu dapat bekerjasama. Agar Belitung tidak hanya terkenal lewat pariwisatanya saja, tetapi juga karena pelabuhannya ” ujar Sanem.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar