Tahukah Anda Hari Ini Adalah Hari Batik Nasional, Ini Awal Mula Penetapan 2 Oktober

hari batik nasional
Batik. (Net)

ONEKLIKNEWS.COM – Tahukah Anda bahwa setiap 2 Oktober masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Indonesia? Ini alasannya mengapa Hari Batik Nasional jatuh setiap 2 Oktober!

Melansir dari CNNIndonesia, keputusan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB alias UNESCO mengawali peringatan Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober.

Pada 2 Oktober 2009 sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi

UNESCO menilai teknik, simbol, dan budaya batik yang melekat dengan kebudayaan Indonesia.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut keputusan tersebut dengan menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Penetapan tersebut tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Hari Batik Nasional pada 17 November 2009.

Menurut Keppres 33/2009, perlu adanya hari peringatan tersebut karena hasil kerajinan tangan turun temurun ini telah mendapat pengakuan internasional sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Penetapan peringatan tersebut sangat perlu karena bisa meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.