Ikuti Festival Teater Sumatera di Palembang, Ketua DKB: Tidak Ada Bantuan Sepeserpun dari Dindikbud

Lima orang perwakilan dari Belitung telah sampai di Bandara Sultan Mahmud Bandaruddin II, Selasa (27/9/2022). Lima orang tersebut menjadi perwakilan seniman Belitung untuk mengikuti Festival Teater Sumatera (FTS) tahun 2022 di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring.
Lima orang perwakilan kesenian Belitung, saat tiba di Bandara Sultan Mahmud Bandaruddin II, Selasa (27/9/2022).

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Lima orang perwakilan dari Belitung telah sampai di Bandara Sultan Mahmud Bandaruddin II, Selasa (27/9/2022). Lima orang tersebut menjadi perwakilan seniman Belitung untuk mengikuti Festival Teater Sumatera (FTS) tahun 2022 di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring.

Festival Teater Sumatera sendiri akan terlaksana dari 29 September hingga 1 Oktober 2022. Sedikitnya ada 12 komunitas teater dari 9 provinsi di Pulau Sumatera akan ikut dalam kegiatan yang mengusung “Ritual of Healing” ini dan Belitung menjadi salah satunya.

Ketua Dewan Kesenian Belitung (DKB), Iqbal H. Saputra mengatakan tahun ini merupakan tahun kedua DKB hadir dalam FTS ini. Tahun lalu, DKB berkolaborasi dengan beberapa seniman lokal, dan membawa 2 orang siswa dari SMA N 1 Membalong. Tahun ini, DKB berkolaborasi dengan Kik Sar’ie (Kik Cer) dari kelompok Dul Mulok Tiang Balai Kembiri saja.

Rencana awal, pihaknya berkeinginan membawa 7 orang untuk memperkenalkan kesenian tradisi yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Pulau Belitung ini ke kancah nasional. Namun, lantaran kekurangan biaya, akhirnya mereka memutuskan hanya berangkat 5 orang saja untuk membawa nama Belitung.

“Kami memutuskan hanya bisa membawa Kik Cer dari kelompok Dul Mulok Tiang Balai Kembiri dalam pertunjukan kami 30 September 2022 nanti. Padahal awalnya, konsep pertunjukan akan dikolaborasikan penuh, antara teater modern yang digagas DKB, dan teater tradisi Dul Mulok,” kata Iqbal kepada ONEKLIK news, Selasa (27/9/2022).

Tidak Sepeserpun

Ia menyebutkan keberangkatan ini, murni untuk memperkenalkan nama kesenian Belitung ke nasional. Demi mewujudkan kolaborasi penuh tadi, pihaknya juga sudah sempat membicarakan hal ini dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung terkait bantuan untuk keberangkatan mereka. Namun sayangnya, dari pemerintah tidak ada sepeserpun memberikan bantuan untuk mensupport mereka untuk memperkenalkan kesenian Belitung ke nasional ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.