P5 Sebagai Pembentukan Kompetensi, Karakter Dan Perilaku Sesuai Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka

p5 sebagai pembentuk kompetensi amdul albar
Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpandan Abdul Albar. (IST)

Oleh: Abdul Albar
(Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpandan)

PROJEK Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dikenal dengan P5 merupakan bagian dari kurikulum merdeka, yang dibentuk dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran. P5 merupakan sebuah projek yang memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

P5 adalah sebuah projek yang menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka, yang dibentuk dalam rangka memulihkan pendidikan nasional, yang sempat terkendala akibat pandemi COVID-19.

Tujuan P5 diharapkan dapat mencetak lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Secara umum, tujuan P5 adalah untuk mencetak lulusan di setiap jenjang pendidikan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Secara praktis, tujuan P5 adalah ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitarnya.

Tujuan P5 antara lain sebagai berikut:

1. Proses Penguatan Karakter

Tujuan P5 diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Tujuan P5 tersebut diharapkan dapat membuat peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

2. Kontribusi Lingkungan

Tujuan P5 selanjutnya adalah untuk memberikan inspirasi kepada peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

3. Pelajar Sepanjang Hayat

Tujuan P5 diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. , yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Di dalam buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, Dan Assesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dijelaskan di panduan tersebut, bahwa Kemendikbudristek telah menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan.

Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.