oleh

Hakim Nilai Dua Terdakwa Bersalah dalam Pencurian Sawit di Dusun Petikan, Begini Vonisnya!

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan telah menjatuhkan vonis kepada dua terdakwa pencurian buah sawit di lahan Dusun Petikan, Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Rabu (21/9/2022).

Hakim menjatuhkan vonis kepada terdakwa Indra Hendra Pura selama 6 bulan dan 15 hari kurungan penjara. Sedangkan terdakwa Agus Budi Juliyanto alias Mayor selama 6 bulan kurungan penjara.

judul gambar

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Belitung yang menuntut terdakwa Indra Hendra Pura selama 8 bulan kurungan penjara, serta terdakwa Agus Budi Juliyanto alias Mayor selama 7 bulan kurungan penjara

Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim Gapak Patanuddin bersama hakim anggota Syafitri Apriyuani dan Elisabeth Juliana berpendapat, perbuatan terdakwa sudah memenuhi unsur sebagaimana dakwaan alternatif pertama penuntut umum yakni Pasal 363 Ayat (1) ke-4 joncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 huruf e KUHP.

Hal ini berdasarkan fakta hukum yang terungkap selama proses persidangan yang telah berjalan, mulai dari keterangan para saksi, saksi ahli, dan keterangan para terdakwa.

Pikir-pikir

Adapun hal-hal yang memberatkan tidak adanya perdamaian antara kedua terdakwa dengan korban. Hal yang meringankan kedua terdakwa belum pernah menjalani hukuman.

“Oleh karenanya memerintahkan kedua terdakwa tetap berada dalam tahanan. Mengurangi vonis dengan masa tahanan yang sudah kedua terdakwa jalani. Membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar 5 ribu rupiah,” kata Gapak Patanuddin sembari mengetuk palu dalam persidangan.

Pasca mendengarkan pembacaan putusan, kedua terdakwa menerima vonis dari hakim. Sedangkan JPU Kejari Belitung Michael Yudhistira menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari.

“Karena jaksa penuntut umum pikir-pikir, vonis terhadap kedua terdakwa ini belum memiliki kekuatan hukum tetap. Sidang selesai,” tutup Gapak Patanuddin. (dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.