oleh

Gali Informasi Terkait Rancangan Peraturan DPRD Tentang Kode Etik, Pansus Kunker ke DIY

YOGYAKARTA, ONEKLIKNEWS.COM – Panitia Khusus (Pansus) Tentang Kode Etik DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lakukan konsultasi dan rapat kerja ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (19/9/2022).

Hal tersebut untuk menggali informasi dan data terkait rancangan peraturan DPRD tentang kode etik. Saat ini DPRD Babel sedang menggondok peraturan tentang kode etik tersebut.

judul gambar

Saat ini peraturan tersebut berlaku pada masa jabatan tahun 2014-2019. Peraturan tersebut terdiri dari 13 Bab dan 26 pasal.

Ketua Pansus Kode Etik DPRD Babel Ranto Sendhu menjelaskan, peraturan ini merupakan salah satu upaya payung hukum bagi lembaga DPRD. Selain itu anggota DPRD juga memiliki payung hukum tata tertib (tatib).

“Kode etik ini bisa juga kita sebut sebagai rambu-rambu khusus bagi anggota dewan. Yakni dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” kata Ranto Sendhu.

Legislator Demokrat Dapil Kabupaten Bangka ini menambahkan, peraturan DPRD tentang kode etik ini untuk mengatur kode etik para anggota dewan.

Sanksi

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

“Kita mau tahu apakah ada penjatuhan sanksi terhadap sanksi yang diatur dalam kode etik tentang tata cara beracara badan kehormatan,” sebut Ranto Sendhu.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.