oleh

Gelapkan Rp 200 Juta dalam Bisnis Besi Tua, Kari Divonis 1 Tahun 2 Bulan

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Majelis hakim PN Tanjungpandan menjatuhkan vonis kepada terdakwa penggelapan uang Rp 200 juta dalam bisnis besi tua bernama Kari selama 1 tahun dan 2 bulan kurungan penjara.

Pembacaan vonis berlangsung dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan di PN Tanjungpandan, Rabu (27/7/2022). Sebelumnya JPU Kejari Belitung menuntut terdakwa selama 1 tahun dan 4 bulan kurungan penjara.

judul gambar

Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim Syafitri Apriyuani bersama hakim anggota Frans Lukas Sianipar dan Elisabeth Juliana berpendapat, perbuatan terdakwa sudah memenuhi unsur sebagaimana dakwaan alternatif kedua Pasal 372 KUHP.

Sebelumnya, JPU Kejari Belitung mendakwa terdakwa dengan dua pasal yakni Primair Pasal 378 Subsidair Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan atau Penggelapan.

Hal-hal yang memberatkan terdakwa Kari dalam vonis ini yakni belum ada ganti rugi dari terdakwa kepada korban. Hal yang meringankan terdakwa mengakui perbuatannya, terdakwa juga belum pernah menjalani hukuman.

“Oleh karenanya menetapkan terdakwa agar tetap berada dalam tahanan, mengurangi vonis dengan hukuman yang telah terdakwa jalani. Selain itu juga membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar 5 ribu rupiah,” kata Hakim Ketua Syafitri Apriyuani.

Pasca mendengarkan pembacaan putusan, terdakwa bersama penasihat hukumnya menerima vonis. Sedangkan JPU Kejari Belitung Michael menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari. (dit)

Baca juga:

Satpol PP Lepas Puluhan Reklame Langgar Aturan, Pemasang Bisa Terancam Denda Hingga Rp 50 Juta

Lihat Puluhan Ponton TI Beroperasi di Teluk Kelabat Saat Tengah Malam, Pj Gubernur Hentikan Aktivitas

Tersinggung Gegara Sampah, Pemuda 29 Tahun Ini Tega Sabetkan Parang ke Tetangganya

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar