oleh

Jalan Raya di Belitung Tidak Memungkinkan Untuk Penggunaan Skuter, Satlantas Polres Belitung Sedang Sosialisasi, Tak Diindahkan Akan Ditindak

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Jajaran Satlantas Polres Belitung saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait penggunaan skuter di Kabupaten Belitung.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, anggota Satlantas Polres Belitung memberikan edukasi dan pemasangan spanduk pemberitahuan tentang penggunaan skuter.

judul gambar

Kasatlantas Polres Belitung Iptu M Tommy Franata mengatakan, sosialisasi tersebut terlaksana karena skuter merupakan jenis kendaraan yang tak layak peruntukan di jalan raya.

Sebab, berdasarkan persyaratan teknis dan layak jalan skuter tidak memiliki perlengkapan seperti spion, lampu, dan safety kendaraan pada umumnya.

Selain itu, merujuk pada Peraturan Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020. Skuter biasanya peruntukan di jalur khusus tempat wisata, komplek perumahan, dan car free day.

“Sosialiasi ini memiliki tujuan baik bagi pengguna maupun pengelola skuter. Jangan sampai ada korban jiwa, jadi kami mulai laksanakan sosialiasi sebagai bentuk pencegahan,” kata Iptu M Tommy Franata kepada OneKlikNews.com, Kamis (14/7/2022).

Ia mengaku, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung tentang pembuatan jalur khusus skuter. Karena melihat kondisi jalan raya di Belitung tidak memungkinkan untuk penggunaan skuter.

“Jadi semuanya untuk kebaikan, sehingga aman dan sesuai harapan bagi masyarakat,” ujar Iptu M Tommy Franata.

Ia menambahkan, terkait sanksi saat ini hanya berupa imbauan sampai masyarakat sadar. Namun apabila imbauan tidak diindahkan, polisi akan melakukan penindakan hukum sesuai Pasal 282 Tentang Lalu Lintas.

“Penindakan hukumnya tertuju kepada pengguna skuter, tapi pengelola atau pemilik skuter juga akan kami panggil. Namanya perintah, tentu akan berjalan dengan baik,” ucap Iptu M Tommy Franata. (dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Editor: Faizal

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar