Tiga Pulau Kecil di Pulau Belitung Ini Bakal Terang, Tahun Ini Giliran Pulau Rengit

Tahun ini dan tahun depan, tiga pulau kecil di Pulau Belitung akan ada pemasangan listrik oleh PLN termasuk Pulau Rengit.

BELITUNG TIMUR, ONEKLIKNEWS.COM – Tahun ini dan tahun depan, tiga pulau kecil di Pulau Belitung akan ada pemasangan listrik oleh PLN termasuk Pulau Rengit.

Hal tersebut dikatakan Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan UIW Kepulauan Bangka Belitung Mustafrizal dalam acara Customer Gathering dan Penandatanganan SPJBTL Pelanggan Prioritas PT. PLN (Persero) UP3 Belitung dengan Daya Tersambung 3.320.000 VA di Grand Ballroom Hotel BW Suite Tanjungpandan, Kamis (16/06/2022).

Dalam sambutannya, Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan UIW Kepulauan Bangka Belitung Mustafrizal manyampaikan terdapat 220 pelanggan prioritas untuk Kabupaten Belitung dan Kabupaten Beltim.

“Jumlah pelanggan prioritas secara komunitas tidak begitu banyak, dari sekitar 100 ribu lebih pelanggan yang ada di Pulau Belitong, hanya sekitar 220 pelanggan tapi berkontribusi hampir 25 persen dari penjualan kami,” katanya.

Pulau Rengit

Ia menjelaskan, PLN sudah melakukan pemasangan listrik di 8 pulau kecil di sekitar Pulau Belitong, diantaranya Pulau Selat Nasik/Mendanau, Seliu, Buku Limau, Sumedang, Gresik, Kuil, Buntar dan Long. Menurutnya tahun 2022 dan 2023 akan dilakukan pemasangan kembali untuk 3 pulau kecil lainnya.

“Kami akan listriki tahun ini Pulau Rengit di Kabupaten Belitung dan ada dua pulau di Kabupaten Belitung Timur yang kami rencanakan tahun 2023 akan kita nyalakan. Mudah-mudahan ini bisa kita realisasikan yaitu Pulau Batun dan Pulau Ketapang,” ujarnya.

Mustafrizal menambahkan, selanjutnya PLN Kepulauan Babel mempunyai program penggantian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi PLTS untuk pulau kecil. Hal ini mengingat program dari pemerintah pusat terkait penggunaan listrik dari energi yang ramah lingkungan.

“Kami akan mengganti PLTD yang berbahan bakar diesel ke PLTS atau solar cell yang ada di pulau-pulau kecil ini. Karena tahun 2060 sudah di programkan oleh pemerintah pusat bahwa Indonesia emisi karbonnya adalah nol persen. Jadi kita butuh listrik yang dari energi yang terbarukan dan ramah lingkungan,” ungkapnya. (**)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.