Persiapan G20 Dalam Progres Positif, Pj Gubernur: Jadi Penilaian Vital di Mata Dunia

ridwan djamaluddin menilai keberhasilan belitung jadi tuan rumah g20 jadi penilaian di mata dunia
Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin dan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat menghadiri rapat persiapan penyelenggaraan DWG G20 di Fairfield Hotel. (IST)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Pejabat (Pj) Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menilai keberhasilan Belitung menjadi Development Working Group (DWG) G20 (Group of Twenty) akan menjadi penilaian vital di mata dunia.

Ridwan Djamaluddin mengungkapkan penilaiannya tersebut saat rapat progres kesiapan Pulau Belitung sebagai tuan rumah DWG G20 di Fairfield Hotel Belitung, Jumat (10/6/2022).

“Kesuksesan kita dalam penyelenggaraan G20 ini akan menaikkan martabat harga diri dan martabat bangsa ini. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti kita akan terhormat, baik bagi Indonesia maupun Bangka Belitung, khususnya Belitung,” sebut Ridwan Djamaluddin.

Ia meminta semua stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan G20 ini agar fokus dalam mempersiapkan event akbar tersebut. G20 sendiri akan terlaksana pada 7-9 September 2022 mendatang. Keberhasilan tersebut akan mengangkat harkat martabat Belitung di mata dunia.

Hingga saat ini persiapan tuan rumah penyelenggaraan G20 ini dalam progres positif. Hal ini terlihat dalam rapat persiapan di Fairfield Hotel.

Ridwan Djamaluddin meminta semua stakeholder yang terlibat untuk memaparkan persiapan. Pasalnya ada beberapa birokrasi yang terlibat dalam pembangunan dan pembiayaan dalam persiapan menyambut G20.

“Pertama mereka langsung memaparkan rencana kegiatan secara mendetail. Sehingga kami di pemerintahan provinsi dan kabupaten sudah tahu persis apa yang dilakukan. Kedua ada beberapa birokrasi yang harus diselesaikan mengenai pembangunan infrastruktur dan pembiayaannya,” kata Ridwan Djamaluddin.

120 Delegasi

Menurutnya rencana-rencana pemenuhan infrastruktur sudah terpetakan dengan baik. Sehingga pihak pemprov tinggal menindaklanjuti. Seperti jalan, ruang VIP bandara dan beberapa lokasi lainnya.

Penyelenggaraan G20 akan melibatkan setidaknya 120 delegasi dan pejabat-pejabat dalam negeri. Sehingga antisipasi keamanan juga harus siap, terlebih bila Presiden RI juga hadir.

“Kita harus menyiapkan juga pengamanan yang memadai dan juga mengantisipasi kemungkinan Pak Presiden kalau berkenan hadir,” tambah Ridwan Djamaluddin.

Ridwan Djamaluddin juga meminta kesiapan masyarakat Belitung untuk menyambut delegasi dari luar negeri. Yakni dengan memaksimalkan potensi seperti UMKM serta tenaga tour guide. Hal ini untuk menjalankan perekonomian di Belitung.

Rapat ini melibatkan Pemprov Babel, Bappenas RI, Pemkab Belitung, Forkopimda Belitung dan Babel serta instansi dan perusahaan event organizer (EO). Hadir juga Seda Babel Naziarto dan Bupati Belitung Sahani Saleh. (azm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar