oleh

Tinjau Lokasi Pembangunan Irigasi, Komisi III Temukan Potensi Pelanggaran Perda

BANGKA BARAT, ONEKLIKNEWS.COM – Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai penanaman kelapa sawit di Desa Beruas, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat melanggar Perda Tentang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Adet Mastur mengatakan hal tersebut saat meninjau kondisi terakhir saluran air primer yang menopang usaha pertanian di daerah tersebut, Rabu (30/3/2022).

judul gambar

Peninjauan lapangan itu sendiri terkait keluhan dari masyarakat setempat. Masyarakat mengeluhkan perkebunan warga terendam air akibat pembangunan tanggul ataupun irigasi.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga mengatakan, topografi lokasi pembangunan saluran irigasi yang mengaliri areal perkebunan yang mayoritas perkebunan sawit ini tampak sedikit kurang ideal. Pasalnya sebagian alurnya justru bersinggungan dengan DAS.

“Kalau kita melihat penamaan sawit ini melanggar Perda tentang DAS ya. Karena tidak ada jarak antara sawit dengan DAS,” kata Adet Mastur.

Selain itu, lanjut Adet Mastur, tahun ini akan penganggaran pembuatan talud atau irigasi untuk pengairan sawah masyarakat. Ia menggarisbawahi, beberapa titik aka nada peninggian dari badan talud sebagai antisipasi.

“Supaya air tidak menggenangi area pertanian masyarakat. Ini menjadi dilema karena berdekatan juga dengan sawah di mana masyarakat bercocok tanam untuk ketahanan pangan,” jelas Adet Mastur.

Komisi III mendapatkan pendampingan dari sejumlah staf teknis terkait dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perairan Provinsi Babel bersama warga dan perangkat desa setempat dalam peninjauan ini. (*)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

SUmber: Publikasi-Set.Dprd_Babel@2022

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.