oleh

Tinjau Perpustakaan Desa Tanjung Gunung, Komisi I Ingin Perpus Jadi Bagian Membangun Desa

BANGKA TENGAH, ONEKLIKNEWS.COM – Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin perpustakaan desa menjadi bagian dalam membangun desa melalui inklusi sosial atau peran serta masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nico Plamonia dalam kunjungan ke perpustakaan Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Senin (28/3/2022).

judul gambar

Menurut Nico Plamonia, Perpustakaan Nasional menggalakkan hal tersebut dalam upaya pembangunan di daerah. Selain itu, Desa Tanjung Gunung memiliki peluang sosial yang sangat besar.

“Di Tanjung Gunung punya peluang sosial yang sangat besar, baik berupa pergerakan masyarakat dan pergerakan bisnis,” sebut Nico Plamonia.

Komisi I juga berharap perpustakaan Desa Tanjung Gunung dapat menjadi perpustakaan digital. Bahkan Komisi I menyarankan Desa Tanjung Gunung untuk mengirimkan proposal, karena hal ini sudah sangat wajib.

Selain buku dan rak buku, perlu ada 3 set komputer dan bukan komputer sembarangan. Yakni untuk admin dan 2 untuk masyarakat. Selain itu, butuh 2 buah smart tv. Komisi I berjanji akan menyampaikan dan minta Dinas Arsip dan Perpustakaan untuk berkunjung dan membimbing pihak desa membuat proposal.

Kades Ingin Miliki Wisata Milik Desa

Kepala Desa Tanjung Gunung Muslim menyampaikan bahwa Desa Tanjung Gunung memiliki potensi wisata berupa Bukit Bebek Emas milik swasta. Namun 80 persen pegawainya adalah warga dari Tanjung Gunung.

Selain itu, ada juga Pantai Pan Semujur yang rencananya masuk Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK). Namun hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut. Pihak Desa Tanjung Gunung berharap adanya perhatian dari DPRD provinsi terkait KEK ini.

“Tanjung Gunung ingin memiliki pariwisata milik desa, dan UMKM di sini sudah kami berdayakan. Kami kalau ada kegiatan apapun, kami fokus adakan di perpustakaan desa. Kami mau ada tempat bermain di sana, agar anak-anak desa terpusat bermain di sana,” papar Muslim. (*/adv)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.