Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Penyertaan Modal ke BUP, Hasil Audit Hanya Tersisa Rp 24,8 Juta

Kasatreskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)
Kasatreskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Unit Tipikor Satreskrim Polres Belitung saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dana penyertaan modal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Penyertaan modal yang dalam penyelidikan pihak kepolisian yakni penyertaan modal ke Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Tanjung Batu Belitong Indonesia pada 2015 lalu.

Pemkab Belitung saat itu menyertakan modal sebesar Rp 5 miliar. Namun berdasarkan hasil audit oleh akuntan publik dari Jakarta pada Februari 2021 lalu, dana tersebut hanya tersisa Rp 24,8 juta lebih.

Hingga saat ini polisi masih terus mengumpulkan dokumen serta melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dari pejabat di lingkungan Pemkab Belitung. Selain itu juga pejabat perusahaan yang menjadi mitra BUP PT Tanjung Batu Belitong Indonesia.

“Jadi memang benar saat ini kami sedang melakukan penyelidikan dana penyertaan modal. Penyelidikan kami mulai bulan September 2021 lalu dan sampai saat ini masih terus berjalan,” kata Kasatreskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto kepada OneKlikNews.com, Senin (14/3/2022).

Ia mengatakan, guna mematangkan penyelidikan, pihaknya juga telah meminta audit investigatif kepada auditor sebagaimana amanat dari Undang-undang. Hingga saat ini hasil belum keluar dan masih dalam proses.

“Untuk hasilnya saat ini sedang kami tunggu, nanti akan kami informasikan lebih lanjut. Untuk dana penyertaan modal ini hanya satu tahun anggaran, yakni pada tahun 2015 lalu dan berakhir pada bulan Februari 2021 lalu sesuai dengan audit dari akuntan publik dari Jakarta. Terkait besaran dana pertahun dari pemda ke BUP sendiri sedang kami dalami,” sebut Iptu Edi Purwanto. (dit)

Baca juga:

Pamit Kepada Masyarakat Belitung, Letkol Inf Mustofa Akbar Terkesan Jongkong dan Makan Bedulang

Berniat Memberi Teh Panas, Kista Mendapati Ayahnya Terbujur Kaku dan Mulut Berbuih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.