oleh

Bambang Patijaya Prakarsai 12 Kegiatan Pelatihan Pengembangan Wirausaha di Babel, 240 Peserta Ikut Andil

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Para peserta antusias mengikuti 12 kegiatan pelatihan Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah (IKM) Bersama Kementerian Perindustrian di Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan tersebut terlaksana atas prakarsa anggota DPR RI Bambang Patijaya. Tujuh kegiatan pelatihan terlaksana di Pulau Bangka. Antara lain Bimbingan Teknis Produksi IKM Menjahit, Design Grafis, Pangan, Service HP, Kerajinan Batok Kelapa, Kerajinan Akrilik, dan Pengolahan.

judul gambar

Setidaknya 140 peserta mengikuti pelatihan yang berlangsung selama empat hari tersebut. Kegiatan itu mulai dari Selasa (8/3/2022) sampai Jumat (11/3/2022) di Tanjung Pesona Resort, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Sedangkan lima kegiatan pelatihan terlaksana di Pulau Belitung. Antara lain Bimbingan Teknis Produksi IKM Menjahit, Desain Grafis, Pangan, Service AC dan Pengolahan, Bimbingan Teknis Wirausaha Baru IKM serta pemberian materi kewirausahaan, perizinan usaha serta Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kegiatan berlangsung selama empat hari, mulai dari Rabu (9/3/2022) sampai Sabtu (12/3/2022)  bertempat di Hotel BW Suite. Total ada 100 peserta mengikuti pelatihan yang terdiri dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Bambang Patijaya mengatakan, Bangka Belitung menjadi peringkat pertama pertumbuhan ekonomi di Sumatera dengan angka 5,05 persen. Dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, diharapkan ekonomi dari berbagai sektor berkelanjutan dapat bangkit, seperti sektor pariwisata.

“Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di Kepulauan Bangka Belitung. Para peserta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan baru, dan mencapai kesejahteraan,” kata Bambang Patijaya, Senin (14/3/2022).

Ia juga berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat menambah keterampilan dan menjadi wirausaha baru guna mendorong terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Tarmin AB mengatakan, dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin kompetitif serta masuknya globalisasi, maka program pengembangan wirausaha baru IKM menjadi skala prioritas bagi pemerintah.

Ia menjelaskan, secara kuantitatif target pembangunan ekonomi nasional jangka panjang sebagai negara industri yang maju adalah 14.250-15.000. Oleh sebab itu diperlukan pertumbuhan ekonomi sebesar 8-9 persen pertahun selama periode tahun 2015-2025.

Demi mencapai target tersebut dibutuhkan program pelatihan masyarakat untuk mengembangkan wirausaha baru.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bambang Patijaya yang telah mengajak  Kementerian Perindustrian melaksanakan kegiatan pelatihan ini,” ucap H Tarmin AB.

Pengembangan Wirausaha

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan, Kementerian Perindustrian Ni Nyoman Ambareny berharap, kegiatan ini dapat berlanjut sehingga banyak mencetak pelaku usaha IKM baru pada berbagai sektor di Kepulauan Bangka.

Menurutnya, IKM memiliki posisi yang strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional dan memiliki kontribusi yang cukup besar dalam penyerapan tenaga kerja serta pemerataan kesejahteraan masyarakat, yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data, IKM dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 10,3 juta atau 60 persen tenaga industri non migas.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapak Bambang Patijaya dan Pemprov Kepulauan Babel melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah beserta jajarannya, yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” kata Ni Nyoman Ambareny. (dit)

Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Jangan lupa juga untuk Like Fanfage Facebook, Follow Instagram dan Subscribe channel Youtube One Klik News. Klik tulisan Biru Yaa gaes. . .

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.