oleh

Miliki Sabu Seberat 45 Gram, Oknum Pecatan TNI Ini Divonis 6 Tahun Penjara

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan menjatuhkan vonis 6 tahun kurungan penjara kepada oknum pecatan TNI atas kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu seberat 45 gram.

Selain itu, oknum pecatan TNI bernama Yopie Jaya (42) tersebut harus menjalani hukuman tambahan selama tiga bulan kurungan penjara jika tidak membayar uang denda sebesar 1 miliar.

Pembacaan vonis berlangsung pada sidang yang terlaksana di Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Rabu (12/1/2022) lalu.

Vonis itu lebih ringan tuntutan JPU Kejari Belitung menuntut terdakwa selama 9 tahun kurungan penjara denda 2 miliar subsidair 3 bulan kurungan penjara.

Humas Pengadilan Negeri Tanjungpandan Imam Mualimin mengatakan, dalam amar putusannya Majelis Hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 114 Ayat (1) UU RI Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Narkotika sebagaimana dakwaan gabungan kedua Primair.

Hal tersebut berdasarkan fakta-fakta hukum yang terungkap selama proses persidangan mulai dari keterangan para saksi, dan keterangan terdakwa.

“Untuk pembacaan vonis dua hari lalu tepatnya hari Rabu. Terdakwa hadir bersama penasihat hukumnya,” kata Imam Mualimin kepada OneKlikNews.com, Jumat (14/1/2022).

Ia menambahkan, adapun hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran gelap narkoba.

Hal yang meringankan terdakwa mengakui perbuatannya dan merasa menyesal, terdakwa juga bersikap sopan selama persidangan.

Pasca mendengarkan pembacaan putusan dari Majelis Hakim, terdakwa langsung menerima vonis. Sedangkan JPU Kejari Belitung menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari.

“Jadi vonis terhadap terdakwa ini belum memiliki hukum tetap, karena jaksa pikir-pikir,” sebut Imam Mualimin.

Kronologis Penangkapan

Pemberitaan sebelumnya Tim Cobra Satres Narkoba Polres Belitung berhasil mengamankan YJ (42) saat melintas di Jalan Basuki Rahmat (Jalan Baro), Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan, Belitung, Sabtu (31/7/2021) pukul 19.00 WIB lalu.

Pria bertato di tangan kanan tersebut diamankan polisi saat mengendarai sepeda motornya di Jalan Baro. Polisi mendapati 1 paket sabu di dalam kotak rokok di dalam box dan 3 paket lainnya di dalam sebuah buku agenda di dalam jok motor.

Beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 23.00 WIB, polisi juga berhasil mengamankan paket ukuran besar narkoba jenis sabu dengan berat bruto 45,35 gram. Temuan tersebut berada di Jalan Anwar, Gunung Payung, Kelurahan Lesung Batang.

Anggota menemukan barang haram tersebut di bawah batang seri dalam keadaan terbungkus plastik Kacang Garuda terbalut plastik dan tisu putih serta lakban hitam. Temuan tersebut merupakan hasil pengembangan terhadap pelaku.

“Jadi ini merupakan hasil pengembangan dari pelaku. Saat kami cek percakapan di handphone-nya, pelaku kebetulan hendak menerima paketan. Selanjutnya anggota kami mengawal pelaku mengambil barang haram tersebut,” kata Kasatres Narkoba Polres Belitung AKP Naek Hutahayan kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Ia mengatakan, penangkapan pelaku setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat. Selain itu polisi juga telah memantau dan mengikuti pergerakan pelaku sejak beberapa bulan lalu.

“Berdasarkan pengakuan pelaku, ini masih baru-baru. Untuk barang bukti setelah kami cek menggunakan alat, barang itu positif narkoba,” ujar AKP Naek Hutahayan.

Akibat perbuatannya pelaku terjerat Pasal 114 ayat (2) dan atau 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Pelaku terancam hukuman minimal 5 tahun maksimal 20 tahun penjara.

“Saat ini yang bersangkutan sudah mendekam di sel tahanan Mapolres Belitung. Dan sudah resmi berstatus sebagai tersangka,” pungkas AKP Naek Hutahayan. (dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Editor: Faizal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.