oleh

PPN Tanjungpandan Imbau Nelayan untuk Lengkapi Alat Keselamatan Saat Melaut

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan memberikan imbauan kepada nelayan untuk melengkapi diri dengan alat keselamatan selama melaut.

Kepala Seksi Kesyahbandaran PPN Tanjungpandan, Yovan Aspirandi mengatakan selain mengimbau untuk melengkapi alat keselamatan, pihaknya juga mengimbau untuk tidak memaksakan diri untuk turun melaut saat buruk.

“Kita imbau kepada para nelayan apabila sedang melaut ada angin kencang atau cuaca yang buruk, untuk menunda dahulu keberangkatan demi keselamatan. Dan tidak lupa menyiapkan alat keselamatan. Karena itu sangat penting terutama ketika cuaca buruk dan gelombang tinggi,” kata Yovan kepada OneKlikNews.com, Rabu (12/1/2022).

Yovan menambahkan bahwa fungsi alat keselamatan sangat penting terutama ketika menghadapi situasi darurat akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Ia mengharapkan sebelum turun melaut, nelayan harus memastikan peralatan keselamatan, seperti life jacket atau pelampung dan radio komunikasi berfungsi dengan baik.

“Apabila di tengah lautan bertemu dengan cuaca buruk. Nelayan kita minta untuk segera berlindung serta menginformasikan situasi perkembangan cuaca,” katanya.

Lanjut Yovan, saat ini nelayan yang turun melaut berdasarakan laporan ada sekitar 20 kapal, namun bisa jadi ada juga yang tidak melapor. Sebab nelayan tidak semuanya berada di kawasan PPN Tanjungpandan.

“Kita tugasnya memfasilitasi, nelayan perlu SPB ya kita fasilitasi. Kalau perlu informasi cuaca ya kita fasilitasi juga,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG bahwa prakiraan tinggi gelombang di Selat Gelasa, Perairan Utara Pulau Bangka, Selat Karimata bagian utara berkisar 1,25-2,5 meter sehingga masih dalam kategori sedang. (wan)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Editor: Faizal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed