oleh

Kajati Babel Targetkan Kajari, Setiap Triwulan Ada Perkara Tipikor Terangkat

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Kajati Babel) Daroe Tri Sadono menargetkan kepada seluruh Kajari di Babel agar dalam setiap triwulan minimal satu perkara tipikor terangkat.

Hal tersebut ia sampaikan saat menyaksikan penyerahan pembayaran denda pidana PT BMMI di Kejaksaan Negeri Belitung, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Daroe Tri Sadono mengatakan, ia memberikan target itu bukan semata-mata untuk mencari kesalahan, tetapi dalam rangka memberikan pencegahan dan edukasi kepada aparat desa hingga kabupaten atau kota agar tidak korupsi.

Oleh sebab itu, ia meminta pertanggungjawaban kepada Kajari, Kasipidsus, serta Jaksa mana perkara yang ditangani. Jangan hanya tidur, sebab ketika bangun tidur yang menjadi cerita hanya mimpi saja.

“Saya juga meminta masyarakat harus sepakat untuk melawan korupsi, bukan hanya retorika tetapi tindakan nyata,” tegas Kajati Babel.

Pendampingan Hukum

Ia juga menekankan kepada para Kajari agar memberikan pendampingan hukum kepada kepala desa dalam mengelola keuangan, serta membangun semacam pos yang letaknya tak jauh dari Kantor Kejari.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyimpangan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Tentunya kalau sudah terjadi, penegakan hukum menjadi jalan terakhir.

“Jadi pada intinya kami lebih mendekatkan hubungan untuk tidak terjadi korupsi. Kalau sudah sudah terjadi, mau tidak mau harus menjalani proses hukum,” kata Daroe Tri Sadono.

Berdasarkan penelusuran OneKlikNews.com, Kejari Belitung beberapa triwulan terakhir sudah menangani perkara Tipikor APBDes seperti Desa Aik Ketekok yang menyeret mantan Kades dan Bendahara sebagai terdakwa dan saat keduanya sedang menjalani hukuman.

Selain itu, ada juga Desa Selat Nasik yang menyeret Bendahara sebagai terdakwa dan saat ini yang bersangkutan sedang menjalani hukuman.

Terbaru, Desa Aik Saga yang menyeret mantan Kades dan Bendahara sebagai terdakwa dan saat keduanya sedang menjalani hukuman.(dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media Onekliknews.com dengan join ke Grup Telegram “Onekliknews.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/onekliknews, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Editor: Faizal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed