oleh

Jangan Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud? Berikut Cara Bersihkan yang Benar

ONEKLIKNEWS.COM | BERSIHKAN TELINGA – Telinga merupakan salah satu indra yang sangat penting bagi seseorang. Sehingga memperlakukan dan merawat indra pendengaran ini juga sangat penting serta tidak bisa sembarangan.

Tak hanya pendengaran, telinga juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Seiring berjalannya waktu, kemampuan telinga untuk mendengar bisa semakin berkurang.

judul gambar

Agar fungsi telinga tidak mengalami penurunan seiring bertambahnya umur, perlu dirawat dan dijaga kesehatannya dari sekarang. Namun tidak boleh memperlakukan dengan sembarangan dalam merawat telinga.

Nah berikut kami sajikan tips cara merawat kesehatan telinga yang baik dan benar:

1. Bersihkan Telinga Dengan Cara yang Benar

Membersihkan telinga yang selama ini kita lakukan ternyata salah. Kita sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud, cara ini sangat berisiko bagi kesehatan telinga.

Saat kita membersihkan telinga menggunakan cotton bud, kotoran yang akan kita bersihkan malah terdorong dan masuk ke dalam. Hal ini bisa merusak organ sensitif di dalam telinga, seperti gendang telinga.

Sebenarnya telinga merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam telinga.

Fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan adanya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal. Jika ada kelebihan cairan lilin ini, dapat dibersihkan pada daerah sekitar rongga telinga dengan handuk lembut.

Selain itu juga bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga dengan alat khususnya.

2. Lindungi Telinga dari Suara Keras

Salah satu fungsi telinga adalah untuk mendengar. Namun telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Sehingga tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga.

  • Gunakan pelindung telinga di lingkungan kerja yang menimbulkan suara keras
  • Jangan atur volume terlalu keras saat menyalakan pemutar musik
  • Jangan mendengarkan dua sumber suara keras dalam satu waktu
  • Gunakan penyumbat telinga bila nonton konser dengan suara keras

3. Jaga Telinga Tetap Kering

Telinga yang selalu basah atau kelembaban telinga berlebihan dapat memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga yang disebut dengan telinga perenang (swimmer’s ear) atau otitis eksterna.

Swimmer’s ear adalah infeksi pada telinga luar yang disebabkan air yang terjebak di saluran telinga sehingga mengakibatkan bakteri terperangkap. Pada lingkungan hangat dan lembab, bakteri semakin banyak jumlahnya, sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi pada saluran telinga.

Jika memiliki hobi berenang, ada baiknya selalu menggunakan penyumbat telinga saat berenang untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Bila ada air masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala dan tarik cuping telinga untuk merangsang air ke luar.

Keringkan telinga menggunakan handuk kering setiap selesai berenang dan setiap selesai mandi. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan telinga.

4. Bersihkan Headset Seminggu Sekali

Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri berkembang biak pada headset sehingga menyebabkan penyakit telinga. Cara membersihkan headset cukup mudah.

Yakni dengan menyiapkan bahan-bahan berupa air hangat yang telah ditetesi sabun cuci, sikat gigi baru yang belum dipakai, serta lap kering.

Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

  • Jika headset dengan silikon, lepaskan silikon terlebih dulu.
  • Rendam silikon dalam air sabun selama beberapa menit, lalu angkat dan keringkan dengan lap kering.
  • Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian headset yang tidak boleh terkena air. Jika bukan headset bersilikon bisa langsung lakukan langkah tersebut.

5. Jauhkan Headset dari Paparan Kuman

Headset mungkin tidak hanya dipakai sendiri dan dipinjam orang lain dan meletakkannya di sembarang tempat. Kebiasaan ini dapat mempermudah perpindahan bakteri dari telinga orang lain, serta lingkungan sekitar ke telinga Anda.

Sebisa mungkin, simpanlah headset di tempat yang bersih dan jangan biarkan orang lain menggunakannya. Bagi pengguna headset, cara merawat kesehatan indra pendengaran bukan hanya soal membersihkan telinga dari kotoran.

6. Lakukan Pemeriksaan Telinga Rutin ke Dokter

Memeriksakan telinga ke dokter THT penting untuk dilakukan, terlebih lagi saat usia mulai menua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap sehingga perlu memastikan kondisi telinga dalam keadaan sehat setiap waktu.

Perlu dilakukan tes awal pendengaran guna mengukur dan mengambil tindakan setiap ada gangguan pendengaran yang dirasakan. Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran di dalam telinga.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.