oleh

PPKM Level 3 di Belitung Diperpanjang Hingga 18 Oktober

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Pemkab Belitung kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hingga 18 Oktober 2021 mendatang.

Sekda Belitung MZ Hendra Caya mengatakan, kebijakan tersebut berdasarkan instruksi Mendagri No 48 Tahun 2021 tanggal 4 Oktober tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1.

Selain itu juga mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Oleh sebab itu, Bupati Belitung telah mengeluarkan Surat Edaran No: 443.1/1273/II/2021 tentang PPKM level 3 di Belitung sebagai tindak lanjut instruksi Mendagri.

Baca: Cerita PSK Berumur 17 Tahun, Layani 2 Tamu Tiap Malam

Surat edaran tersebut resmi berlaku mulai Selasa (5/10/2021) kemarin hingga Senin (18/10/2021) mendatang.

“Untuk pelaksanaannya, tim terpadu dari Pol PP, BPBD, TNI/Polri dan Kejaksaan Negeri tetap melakukan pemantauan dan penertiban,” kata MZ Hendra Caya, Rabu (6/10/2021).

Aturan Sama

Aturan PPKM level 3 lanjutan ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan aturan sebelumya. Masih berlakunya aturan mengenai pembatasan jam operasional kegiatan usaha dan aktivitas masyarakat lainnya guna menekan kasus Covid-19.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan, karaoke, warnet, tempat kebugaran tubuh, futsal dan tempat biliar hingga pukul 21.00 WIB.

Selain itu kapasitas pengunjung harus 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Baca: Perwira Polres Belitung Ikut Dimutasi, AKP Irsan Jabat Kasat Narkoba

Baca: Samsat Buka Layanan di Warkop, Bayar Pajak Bisa Sambil Ngopi

Selanjutnya makan dan minum di warung makan, warteg, PKL, lapak jajanan, rumah makan, kafe dan restoran dapat beroperasi. Namun pihak pengelola harus membatasi 50 persen dari kapasitas pengunjung.

Pemerintah juga membatasi jam operasional tempat tersebut hanya sampai pukul 22.00 WIB, tidak boleh lebih.

“Kami harapkan dengan berlangsungnya PPKM level 3 lanjutan ini, angka kasus covid di Belitung terus melandai dan bisa turun pada level yang lebih rendah,” tutur MZ Hendra Caya.

Baca: Tiga Tahun Buron, Koruptor Proyek Gedung Dispenda Belitung Ditangkap

Pemkab Belitung menerapkan PPKM Level 3 sejak 9 Agustus 2021 lalu. Sebelum itu, Belitung memberlakukan PPKM Level 4 dalam beberapa pekan karena tingginya kasus Covid-19.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, pihaknya masih melihat situasi dan akan merapatkan bersama Forkopimda Kabupaten Belitung untuk pembuatan surat edarannya.

“Yang pertama saya berharap kepada masyarakat jangan terlena yang namanya Covid-19 ini agik (masih, red) ada surangpun (seorangpun, red) bisa berkembang menjadi ribuan,” kata Sanem, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, penurunan level tersebut bukan berarti angka penyebaran Covid-19 di Belitung rendah. Pemerintah saat ini menginterpretasi angka penyebaran Covid-19 perkelurahan atau perdesa.

“Dan jika masih juga tinggi, banyak (di tingkat desa atau kelurahan, red), kita tidak akan menurunkan menjadi level 3, tetap menjadi level 4 bagi masyarakat disitu,” tambah Sanem. (dit)

Baca juga: Pamit Nginap ke Rumah Temannya di Tanjungpandan, Gadis Berkerudung Ini “Ngamar” dengan Kekasihnya di Penginapan

Simak video kecelakaan tunggal di Jalan Padat Karya!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed