oleh

Pengelola Warkop Ake Generasi Ke-3 Tutup Usia, Begini Cerita Perjalanan Warkop Ake

KABAR duka tengah menyelimuti keluarga besar Warung Kopi Ake. Pewaris generasi ketiga Warkop Ake, Hendra Wijaya atau yang akrab disapa Akiong meninggal dunia pada Selasa (14/9/2021) kemarin.

Ayah dari Wilky Wijaya tersebut meninggal karena kanker paru-paru. Ia sudah lama menderita penyakit tersebut. Sebelum meninggal, Akiong sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta dan menjalani empat kali chemotherapy.

judul gambar

Akiong merupakan generasi ketiga penerus Warung Kopi Ake. Sebelumnya, Ake mengelola warung kopi ini. Ia merupakan generasi kedua dan Abok merupakan generasi pertama serta pendiri warung kopi tersebut.

Ciu Tjhin Kiong atau Akiong ini merupakan putra bungsu dari 5 bersaudara pasangan dari Ake dan Lim Nyuk Moi. Akiong sendiri memiliki istri bernama Ai Moi dan memiliki 3 orang putra yaitu Willy, Wilky, dan Wildy, serta memiliki 2 orang cucu, Christian dan Michael.

Abok kali pertama mendirikan Warkop Ake di halaman KV Senang yang dulu terkenal dengan nama Stand Flat. Abok mulai berjualan dari pagi menggunakan gerobak. Sekitar tahun 1950 hingga 1960 Abok kembali ke China dan putranya meneruskan usaha gerobak kopinya, saat itu Ake tidak ikut kembali ke China.

Gerobak

Ake mulai menjalankan usaha gerobak ini yang awalnya bernama Warung Kopi Meja Bundar. Ake menjalankan warung kopi dengan bantuan Akiong. Saat itu Ake menyewa salah satu ruko di KV Senang pada waktu itu.

Sepeninggal Ake, Akiong kemudian melanjutkan usaha warung kopi tersebut, dan berhasil menyekolahkan ketiga putranya melalui usaha ini. Keluarga mengenal Akiong sebagai pribadi yang ulet, tekun dan pekerja keras.

“Beliau merupakan pribadi yang ulet, tekun, dan pekerja keras dalam menajalan sesuatu termasuk usaha kopi ini , beliau juga merupakan orang yang sabar tidak peduli omongan orang-orang waktu dulu tentang usaha warung kopi ini, dia buktikan dengan bisa menyekolahkan ketiga anaknya,” ucap putra Akiong, Wilky kepada OneKlikNews.com, Selasa (14/9/2021).

Sepeninggal Akiong, putra pertamanya yakni Willy meneruskan mengelola Warung Kopi. Willy menjadi generasi keempat penerus warung kopi legendaris di Pulau Belitung tersebut.

Akiong rencananya akan dikebumikan pada Jumat (16/9/2021). Saat ini jenazah disemayamkan di Rumah Duka Bina Bhakti Belitung sejak meninggal. (Dirga Firgiawan)

Baca juga:

Banjir Rob di Pesisir Pantai Kelurahan Tanjungpendam, Warga Patungan Untuk Buat Talud Sederhana

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.