Curah Hujan Mulai Tinggi, DLH Lakukan Antisipasi Banjir, Ini yang Dilakukannya

Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto. (OneKlikNews.com/Dirga Firgiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung mulai langkah antisipasi banjir di beberapa kawasan di Kota Tanjungpandan, mengingat curah hujan yang turun mulai tinggi.

Upaya pencegahan banjir ini dengan melakukan pembersihan tumpukan sampah di sekitar aliran sungai. Hal ini sudah dilakukan sudah dua pekan terakhir, setidaknya setiap dua hari sekali petugas kebersihan DLH menyisir aliran sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, beberapa aliran sering terjadi penyumbatan sampah seperti sebelumnya. Diantaranya di sepanjang daerah yang mengarah ke aliran Sungai Siburik.

“Kita fokuskan ke daerah yang langganan banjir, daerah aliran sungai-sungai tempat rawan banjir, kalau di Tanjungpandan ini di sepanjang aliran Sungai Siburik,” kata Edi Usdianto kepada OneKlikNews.com, Senin (6/9/2021).

Menurut Edi Usdianto, petugas melakukan pembersihan dan menyusuri  jalan di kuburan belakang pengadilan, Jalan Pattimura, Jalan Anwar Aid untuk memastikan jangan sampai ada penyumbatan sampah di saluran air.

“Itu titik tumpu tempat macetnye aliran air di lokasi situ,” sebut pria yang akrab disapa Edu.

Edu menegaskan, Satgas DLH siap siaga untuk penanganan sampah yang menyumbat aliran parit yang mengarah ke sungai. Ia juga mengimbau kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk lebih arif dan bijaksana dalam hal penanganan sampah, jadi dipilah kemudian dibuang ke TPS yang sudah disiapkan, jangan buang sembarangan takutnya masuk ke aliran sungai,” tandas Edu. (mg1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.