Batal Menuju Tanah Suci Tahun Ini, 169 Jamaah Calon Haji Belitung Diminta Sabar dan Ikhlas

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Suyanto. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Sebanyak 169 jamaah calon haji asal Kabupaten Belitung yang terdiri dari 71 jemaah laki-laki dan 98 jamaah perempuan batal berangkat menuju Tanah Suci tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Suyanto mengatakan, pembatalan keberangkatan tersebut mengacu kepada keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.

“Terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji ini sudah disampaikan Menteri Agama Gus Yaqut melalui konferensi pers,” kata Suyanto kepada OneKlikNews.com, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, keputusan pembatalan itu diambil melalui banyak pertimbangan diantaranya adalah demi menjaga keselamatan calon jamaah haji dari penyebaran virus Covid-19.

“Namun sampai sekarang belum ada penjelasan izin pelaksanaan operasional ibadah haji, dan pembatasan kuota dari pemerintah Arab Saudi teknisnya seperti apa,” ujar Suyanto.

Indonesia tidak termasuk dari 11 negara yang diberikan akses untuk masuk ke negara Arab Saudi. Selain itu juga ditambah tidak cukup waktu untuk mempersiapkan pelaksanaan operasional haji mengingat waktu yang semakin dekat.

Ia berharap, para jamaah calon haji dapat bersabar dan menerima hasil keputusan tersebut dengan ikhlas dan tabah. “Karena ini ujian untuk menjaga keselamatan jiwa. Hal ini merupakan yang utama dan pasti akan ada hikmahnya,” ucap Suyanto. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.