Bobol Tiga Rumah di Wilayah Membalong, Tiga Kawanan Pencuri Diringkus Polisi

Para pelaku pencurian yang berhasil diringkus jajaran Polsek Membalong. (IST)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM – Jajaran Unit Reskrim Polsek Membalong berhasil meringkus tiga pemuda yang merupakan kawanan pencuri, Selasa (25/5/2021). Ketiganya yakni Rudiyanto (21) warga Desa Mentigi, Leo (18) warga Desa Simpang Rusa dan MJ (15) warga Desa Bantan.

Kawanan pencuri ini diamankan karena sesuai dengan ciri-ciri terduga pelaku tindak pidana pencurian di rumah milik korban bernama Sulpiah di Dusun Ilir, Desa Bantan. Namun saat polisi melakukan pengembangan, ketiganya mengaku juga mencuri di dua TKP lainnya.

Yakni di rumah milik Harun di Dusun Kepang, Desa Perpat dan rumah Fanny di Dusun Air Malik, Desa Bantan yang juga di wilayah Kecamatan Membalong.

Sebelum melancarkan aksinya, pelaku terlebih dahulu mengintai rumah yang dalam keadaan sedang kosong. Kemudian masuk dengan cara mencongkel pintu atau jendela dan mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam rumah.

Kapolsek Membalong AKP Karyadi menjelaskan, kronologis kejadian bermula saat Sulpiah mendapati rumahnya dalam kondisi berantakan. Selain itu pintu belakang terbuka sepulang menjemput anaknya sekolah.

Setelah memeriksa isi rumah lebih lanjut, ternyata uang sebesar Rp 1,3 juta raib beserta dua unit handphone merek Vivo.

“Atas kejadian ini korban membuat laporan ke Mapolsek Membalong. Selanjutnya anggota melakukan olah TKP di kediaman korban,” kata AKP Karyadi, Rabu (26/5/2021).

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi mendapatkan ciri-ciri dua pelaku berambut pirang menggunakan motor Yamaha Jupiter MX berknalpot racing tanpa plat nomor.

Dua TKP

Saat melakukan patroli, Kanit Reskrim Aipda Romansa Adam dan anggota melihat dua remaja mengendarai sepeda motor yang salah satunya sesuai ciri-ciri pelaku di sekitaran Desa Bantan.

Selanjutnya, dua remaja tersebut dibawa ke Mapolsek Membalong untuk diperiksa. Hasilnya keduanya mengakui telah melakukan pencurian di Dusun Ilir, Desa Bantan, Kecamatan Membalong.

Dari hasil pengembangan terhadap kedua tersangka ternyata mereka juga melakukan pencurian di dua TKP lain dan bersama satu rekannya yang lain.

AKP Karyadi menambahkan, pihaknya menjerat kawanan pencuri ini dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 dan 5 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Saat ini para pelaku berikut barang bukti sembilan unit handphone, sepucuk senapan angin, dompet dan uang tunai sudah berada di Mapolsek Membalong.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada saat meninggalkan rumah. Bila perlu menitipkan kepada tetangga terdekat agar apabila ada hal yang mencurigakan bisa segera melakukan antisipasi,” imbau AKP Karyadi.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh perangkat desa se-Kecamatan Membalong atas peran dan aktifnya memberikan informasi sekecil apapun. Hal ini merupakan bentuk kepercayaan semua lapisan masyarakat terhadap kepolisian dalam menjaga kamtibmas,” ucap AKP Karyadi. (dit)

Baca juga:

Tepergok Ngamar, Gadis Belia Berkerudung Ini Blak-blakan Alasan Mau Disetubuhi Pacarnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.