Sanem Laksanakan Salat Ied di Masjid Nurul Huda, Ajak Rayakan Lebaran Secara Sederhana

Bupati Belitung H Sahani Saleh. (OneKlikNews.com/Ferdi Aditiawan)

BELITUNG, ONEKLIKNEWS.COM РBupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriah berjamaah di Masjid Nurul Huda, Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Kamis (13/5/2021).

Biasanya, Sanem dan para pejabat pemkab menggelar salat ied di halaman Kantor Bupati Belitung yang diikuti ribuan jamaah. Namun kali ini Sanem melaksanakan salat ied hanya diikuti ratusan jamaah.

Hadir juga Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung Romansyah. Para jamaah yang mengikuti salat ied ini juga terlihat mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker.

Tak hanya itu, Rumah Dinas Bupati Belitung yang biasanya menggelar open house dan dikunjungi banyak orang, pada tahun ini meniadakan acara ramah tamah lebaran mematuhi surat edaran Menteri Dalam Negeri guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Untuk open house kami hentikan dulu. Ini sudah tahun kedua tidak menggelar kegiatan itu,” sebut Sanem kepada OneKlikNews.com usai salat ied.

Ia juga mengimbau umat muslim agar tidak terlalu euforia dalam merayakan lebaran. Hal ini untuk menekan angka penyebaran Virus Corona yang masih berlangsung, termasuk di Negeri Laskar Pelangi ini.

“Ya kami imbau jangan terlalu euforia, mengingat masih dalam suasana pandemi yang sampai saat ini belum reda,” imbau Sanem.

Sanem tak ingin momentum lebaran ini menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Justru sebaliknya, perayaaan lebaran tahun ini diharapkan kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi kami bukan menghalangi. Silahturahmi tetap jalan, tapi menerapkan protokol kesehatan. Tolong hal ini dapat disadari bersama,” ucap Sanem.

Ia memaknai hari raya merupakan hari besar dan suatu kemenangan bagi umat muslim. Oleh sebab itu dirinya mengajak masyarakat agar merayakannya dengan sederhana dan tidak berlebihan.

“Kami mengajak memaknai Idulfitri tahun ini agar kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan,” ajak Sanem. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.