oleh

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Saat Jalankan Ibadah Puasa pada Masa Pandemi

HALLO pembaca cerdas dan kekinian, kali ini kita bakal ngasih tips nih buat kamu yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan saat pandemi ini.

Seperti kita ketahui dampak pandemi Covid-19 ini tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga memengaruhi kesehatan mental, sosial, bahkan spiritual.

judul gambar

Nah berikut OneKlikNews.com kasih tips berpuasa saat pandemi menurut Praktisi Kesehatan dr R Anggi Wahyu nugroho SpPD.

  • Suplai bahan makanan selama beberapa hari sekali.

Misalnya belanja kebutuhan 1 kali seminggu. Hal ini untuk mengurangi risiko frekuensi keluar rumah dan kerumunan saat berbelanja. Usahakan belanja disaat tidak ramai.

  • Masak sahur dan berbuka sendiri di rumah.

Agar terjamin kebersihannya.  Apabila membeli dari luar, pastikan sudah dilakukan pembersihan dan disinfeksi bungkus makanan tersebut.

  • Pastikan tidur cukup selama 6 jam sehari.

Usahakan jam 10 malam sudah memulai istirahat agar tidak mengantuk keesokan harinya.

  • Sahur setiap hari.

Bangun pagi setiap hari untuk sahur dengan makanan berkarbohidrat komplek. Misalnya nasi, kentang dan lain lain, buah dan sayuran agar merasa kenyang lebih lama. (Dikarenakan proses pencernaan yang lebih lama)

  • Kurangi makanan yang digoreng atau berlemak tinggi.

Jika ingin memasak dengan goreng, disarankan memakai minyak zaitun atau minyak jagung. Atau memenuhi kebutuhan lemak kita dengan ikan salmon atau salad yang dicampur dengan minyak zaitun serta kacang-kacangan.

  • Cukupi kebutuhan air putih.

Agar selama puasa kita tidak dehidrasi dan metabolisme tubuh tetap terjaga, serta sekaligus melancarkan proses detoksikasi (menghilangkan racun/sampah metabolik) dengan 8-10 gelas air putih.

Yaitu saat bangun tidur, saat sahur, setelah sahur, saat berbuka, setelah berbuka, menjelang tarawih, setelah tarawih, dan sebelum tidur.

  • Lakukan olahraga ringan.

Untuk menjaga kebugaran lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau hobi lainnya yang dilakukan 30 menit. Waktu paling baik adalah menjelang berbuka, karena menjaga agar badan tidak lemas dan mendekati waktu berbuka.

  • Awali buka dengan makanan ringan.

Awali berbuka puasa dengan makanan ringan seperti kurma, buah, atau air putih dahulu. Lalu setelah 1 jam baru makanan berat lainnya. Porsi makanan sebaiknya cukup, tidak berlebihan sampai kekenyangan. Agar pengeluaran asam lambung tidak berlebihan saat berbuka. Dan mencegah pemberatan penyakit GERD dan maag.

  • Ikuti protokol kesehatan saat beribadah.

Selama kegiatan ibadah selama berpuasa seperti tarawih dan lainya usahakan tetap mengikuti protokol kesehatan 5M agar mencegah penularan Covid-19.

  • Konsumsi multivitamin.

Untuk menjaga kecukupan vitamin dan mineral, serta menjaga daya tahan tubuh bisa ditambah dengan multivitamin yang mengandung vitamin C, D dan E dan zink selama berpuasa.

Itulah 10 tips biar puasanya kuat ya gaes, namun dari itu semua yang lebih penting biar puasanya tidak batal jangan makan dan minum ya pada siang hari. (co2)

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.